Breaking News

Dewan Pakar DPP KIBAR Syafiq Hasyim Menjadi Calon Menteri Versi PSI


JAKARTA - Pemilu 2019 belum dilaksanakan. Tapi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah merilis nama sejumlah tokoh yang dianggap layak menjabat sebagai menteri dalam Kabinet Kerja Presiden Jokowi untuk periode selanjutnya. Salah satu kandidat menteri yang dirilis PSI adalah adalah Syafiq Hasyim, Dewan Pakar LSM  Koalisi Bersama Rakyat (KIBAR). Alumni Leiden University Belanda dan penyandang gelar Dr. Phil. dari Freie Universitaet Berlin Jerman. itu dinilai PSI pantas menjabat sebagai Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi.

Sekedar tahu, saat ini Syafiq Hasyim tercatat menjabat sejumlah jabatan penting, antara lain Wakil Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional MUI Pusat, Direktur International  Center for Islam and Pluralism (ICIP) dan Wakil Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU).

Terkait masuknya nama Syafiq Hasyim dalam daftar kandidat menteri yang dirilis PSI, Ketua Umum DPP KIBAR, Dr. Indra Fahrizal, memberikan apresiasi positif. Menurutnya, Syafiq Hasyim itu salah satu tokoh intelektual muda dari kalangan Nahdhiyin dan sekaligus juga sebagai anggota  Satgas Pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Indra justru mengajak seluruh partai politik melakukan hal yang sama seperti PSI agar masyarakat memahami apa sesungguhnya yang diperjuangkan oleh Partai Politik. "Karena dari daftar nama yang disodorkan itu dapat kita memahami konsep, arah dan kebijakan Partai Politik," tegas Indra Fahrizal saat ditemui di kantor DPP KIBAR Jalan Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat.

Sayangnya, saat dihubungi oleh Kibarkini.com, Syafiq Hasyim tak banyak memberikan komentar terkait pencantuman namanya sebagai kandidat Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi. Pria kelahiran Jepara, Jawa Tengah yang akrab dengan tradisi NU itu hanya mengatakan, apa yang dilakukan oleh PSI itu bisa jadi merupakan penghargaan terhadap anak bangsa yang selama ini menggeluti bidangnya masing-masing secara konsisten dan profesional.

Sementara Ketua Bidang Politik, Hukum dan Keamanan DPP KIBAR, Dr. Sri Yunanto berpendapat bahwa apa yang dilakukan PSI merupakan  strategi politik untuk meraih dukungan suara dalam Pemilu 2019 nanti. "Cara yang dilakukan PSI itu merupakan strategi cerdas dan terobosan politik yang boleh dibilang baru,"  ujar Sri Yunanto, yang dikenal sebagai pakar  penanggulangan terorisme.

Yunanto menambahkan, "Terlepas dari itu, upaya menawarkan tokoh-tokoh muda menjadi pemimpin nasional perlu dilakukan agar masyarakat, khususnya calon pemilih PSI dapat menilai dan berpartisipasi secara langsung." [AZ]


Berikut daftar nama calon menteri Kabinet Jokowi yang dirilis PSI:
1. Calon Menko Polhukam: mantan Ketua MK Prof Dr Jimly Asshidiqie dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
2. Calon Menko Perekonomian: mantan Menkeu Muhamad Chatib Basri dan pengusaha Theodore Permadi Rachmat.
3. Calon Menko Pembangunan SDM & Kebudayaan: mantan Mendag Prof Marie Elka Pangestu, Ketum PPP M Romahurmuziy dan Politikus PDIP M Prananda Prabowo.
4. Calon Menko Kemaritiman: KSAL Laksamana Ade Supandi dan mantan KSAL Laksamana (Purn) Marsetio.
5. Calon Sekretaris Negara: mantan Rektor UGM Prof Dr Pratikno dan mantan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.
6. Calon Menteri Perecananaan Pembangunan/Kepala Bappenas: ekonom dari UGM A Tony Prasetiantono, A Prasetyantoko dan mantan Menkeu Bambang Brodjonegoro.
7. Calon Menteri Luar Negeri: eks Wamenlu Dinno Patti Djalal, Dubes RI untuk Inggris Rizal Sukma dan Retno Lestasi Priansari Marsudi.
8. Calon Menteri Dalam Negeri: Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar, eks Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat dan Gubenur Jatim Soekarwo.
9. Calon Menkum HAM: ahli hukum Todung Mulya Lubis, hakim MK Saldi Isra dan pakar hukum tata negara Zainal Arifin Mochtar.
10. Calon Menhan: Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, eks Seskab Andi Widjajanto dan pakar hukum internasional Hikmahanto Juwana.
11. Calon Menkom Info dan Big Data: Politisi Hanura M Arief Sapi'ie, anggota Dewan Pers Nezar Patria, Politikus Golkar Meutya Hafid dan Pemred Kompas TV Rosiana Silalahi.
12. Calon Menkeu: ekonom Aviliani, Kepala BKPM Thomas Lembong, ekonom Arianto A Patunru dan eks Direktur BEI Friderica Widyasari.
13. Calon Menteri BUMN: Rini Sumarno, Rhenald Kasali, Ari Perdana dan Arnes Lukman.
14. Calon Menteri UKM, Ekonomi Kreatif, Startup dan Pemuda: Pemred NET TV Wishnutama, Produser film Mira Lesmana dan Bernhard Subiakto.
15. Calon Menteri Perindustrian: ekonom Faisal Basri, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah dan Ilham Akbar Habibie.
17. Calon Mendag: Hariyadi Budi Santoso, Nur Harjanto, M Lutfi dan Arief Budimanta.
18. Calon Menteri Ketenagakerjaan: Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka, Velis Vernando dan aktivis buruh Wahyu Susilo.
19. Calon Menteri Infrastruktur, Agraria, Tata Ruang dan Kepala BPN: Basuki Hadimuljono, Dwi Soetjipto, Politikus Demokrat Mulyadi.
20. Calon Menteri Perumahan: Politikus PDIP Charles Honoris, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dan Gregorius Antar.
21. Calon Menteri Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perubahan Iklim: Agus Sari, aktivis perempuan Nurul Almy, aktivis lingkungan Silverius, dan Alue Dohong.
22. Calon Menteri Agama: Abdul Mukti, Nadirsyah Hosen, Khtaib Aam PBNU Yahya Cholil, dan Lukman Hakim Saifudin.
23. Calon Menkes: Nila F Moeloek, dr Lie Agustinus, Mariya Mubarika dan dr Shannaz.
24. Calon Mensos dan Mitigasi Bencana: M Alfatih, Rahmawati Husein, dan Nihayatul Wafiroh.
25. Calon Menteri Kesetaraan Gender, Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak: Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari, Alissa Wahid, Politikus PKB Luluk Nur Hamidah, aktivis anak Seto Mulyadi dan Neng Dara Affiah.
26. Calon Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Hilmar Farid, M Sayuti dan Muhadjir Effendy.
27. Calon Menristekdikti: AA GN Ari Dwipayana, Syafiq Hasyim dan Sulfikar Amir.
28. Calon Menpora: Erick Tohir, Budi Karya Sumadi, Desi Arryani, dan eks pemain bulutangkus Susi Susanti.
29. Calon Mendes PDTT: Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko, Bupati Batang Yoyok Riyo dan Arie Sujito.
30. Calon Menteri Pariwisata: Peter F Gontha, Elia Massa Manik, menteri ESDM Ignasius Jonan dan Umar Hadi.
31. Calon Sekretaris Kabinet: Politikus PDIP Pramono Anung, Sandra Hamid dan Politikus Golkar Rizal Mallarangeng.
32. Calon Kepala Staf Kepresiden: Politikus PDIP Maruarar Sirait dan presenter Najwa Shihab.



Tidak ada komentar