Breaking News

Silva Arenga: Minuman Kesehatan Nusantara


Aktivitas masyarakat jaman now perlu stamina kuat mengingat kompetisi era global sangat ketat. Karena itu, setiap orang wajib memiliki kesehatan prima. Hal itu bisa ditempuh dengan berbagai cara, salah satunya dengan minuman kesehatan dari alam nusantara.

Selain gula jawa, yang dipercaya dalam memulihkan stamina saat mendaki gunung, kini ada Silva Arenga. Gula aren yang manis dan menyehatkan. Gula aren dikenal oleh masyarakat nusantara sebagai bahan pemanis alternatif gula pasir. Gula alami ini dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon keluarga palem, seperti kelapa, aren, dan siwalan.




Tak jauh berbeda dengan gula merah, gula aren merupakan sumber energi yang bagus untuk kesehatan dan stamina, bisa cepat memulihkan suhu tubuh terutama suhu ekstrim di pegunungan. Berbeda dengan gula pasir, gula aren berwarna khas merah dan tekstur kasar bukan kristal.

Gula aren, turun temurun sudah menjadi bahan konsumsi utama di berbagai daerah Indonesia. Gula aren atau palm sugar merupakan adalah pemanis sehat yang memiliki kandungan vitamin B kompleks, glukosa, garam dan kalori yang cukup tinggi dengan kadar glisemik gula terendah. “Aren mengandung kalori yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk menyuplai kebutuhan kalori selama pendakian,” ujar Muhammad Jufrizal Thalib, pecinta alam yang sekarang menjadi pengusaha gula aren Silva Arenga.


Keunggulan lain dari gula aren, tidak secara langsung larut dalam tubuh, namun diserap secara perlahan sehingga mampu bertahan cukup lama di dalam tubuh. “Mengapa gula aren cocok untuk dibawa naik gunung, yaitu karena mampu melepaskan energi dalam waktu yang cukup lama, serta dapat menghangatkan tubuh,” jelas pria berdarah Minang Sumatera Barat ini.

Mendaki dalam suhu dingin, tak masalah selama kita bisa menjaga stamina dan suhu tubuh. Nikmat keindahan di puncak gunung, memang tak ada yang bisa mengalahkannya. (zal/berita alam)




Tidak ada komentar