Breaking News

Ini Harapan Wiranto Terhadap Industri Baja Indonesia


JAKARTA - Asosiasi Masyarakat Baja Indonesia (AMBI) dapat membantu pemerintah dalam membangkitkan industri baja dalam Negeri. Sehingga nilai ekspor lebih tinggi dari pada impor, atau paling tidak seimbang.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto saat membuka  acara Temu Usaha Nasional Industri Baja dan Jasa Konstruksi Indonesia 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 19 April 2018.

Menurutnya, sektor industri baja menjadi salah satu prioritas nasional yang diharapkan dapat memanfaatkan kekayaan sumber daya alam Indonesia dengan bijak. Namun, setelah Amerika mengeluarkan kebijakan terkait produksi baja yang cukup tinggi pada Maret 2018 lalu, produk impor juga memasuki pangsa pasar Indonesia.

Walau produk luar negeri membanjiri Indonesia, lanjut Wiranto, pemerintah masih mencarikan jalan keluar permasalahan tersebut. Sebab, jelas Wiranto, jika produksi baja dalam Negeri tersingkir, maka akan berpengaruh pada produksi nasional, begitupula dengan pembiayaan konstruksi yang ada di Negara ini.

“Tentunya ini salah satu bahan pembicaraan masyarakat bagaimana menghadapi tantangan yang ada. Kalau produksi baja Indonesia tersingkir di rumah sendiri, tentu akan sangat mempengaruhi produksi nasional, mempengaruhi pembiayaan konstruksi yang ada di Indonesia, dan sebagainya,” jelasnya.@

Reporter: Irfan Mualim

Tidak ada komentar