Breaking News

Kembangkan Polisi RW dengan Teknologi Digital

Jajaran Kepolisian Republik Indonesia membuat terobosan baru dengan membentuk Polisi Rukun Warga (RW) guna menyempurnakan kehadiran Bhabinkamtibnas. Jika Bhabinkamtibnas bertugas di lingkungan kelurahan, maka Polisi RW ditugasjan mengamankan lingkungan di tingkat RW.

Selain menjaga kamtibmas, polisi RW ditugaskan untuk mencegah peredaran narkoba serta memberikan informasi yang benar kepada masyarakat terkait isu-isu yang sedang berkembang. Para polisi RW ini diberi pembekalan teknis untuk memiliki kemampuan deteksi dini termasuk memecahkan masalah.

Pembentukan Polisi RW ini sudah dilakukan di beberapa daerah, seperti Polrestro Jakarta Selatan dan Kepolisian Metro Bekasi Kota. "Tujuannya agar polisi makin sinergi dengan masyarakat sehingga tercipta rasa aman," kata Kombes Mardiaz saat mengukuhkan Polisi RW tingkat Kecamatan Cilandak, Rabu (7/3/2018).

Yang menarik, di antara Polisi RW kini ada yang dilengkapi dengan pengembangan Aplikasi Polisi RW, seperti yang dilakukan jajaran Polsek Sawah Besar, Polres Metro Jakarta Pusat. Aplikasi Polisi RW telah diluncurkan di Mall Metro Pasar Baru, Jakarta Pusat. pada Rabu 28 Maret 2018.

Aplikasi digital berbasis Android dan iOS itu bernama 'POLISI RW'. Aplikasi ini dapat menghubungkan Masyarakat dengan polisi agar lebih dekat dan cepat dalam merespon setiap kebutuhan masyarakat khususnya masalah Kamtibmas.

Aplikasi ini juga dibekali dengan fitur-fitur menarik yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, di antaranya:

  • Fitur Laporanku, yang menampilkan sebuah kolom, dimana masyarakat bisa membuat laporan-laporan terkait situasi Kamtibmas diwilayahnya.
  • Fitur Pusat Informasi, yaitu kolom berisi nomor-nomor telepon penting, seperti kantor polisi, rumah sakit, pemadam kebakaran dan lainnya.
  • Pojok baca, dimana pengguna dapat mengakses ke iPusnas untuk mencari sumber-sumber informasi dari perpustakaan nasional.
  • Darurat : Jika dalam kondisi darurat pengguna dapat menggunakannya dengan meneka tombol darurat atau sirine. Jika GPS anda aktif maka sscara otomatis mengirimkan google location keberadaan anda sehingga polisi lebih cepat sampai dilokasi.


Kapolsek Sawah Besar Kompol Eka Baasith, berharap aplikasi 'POLISI RW' ini mudah mudahan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. "Ini adalah salah satu bentuk kepedulian Polri kepada Masyarakat," kata Kompol Eka Baasith.


Tidak ada komentar