Breaking News

KIBAR Gelar Seminar Soal Keamanan dan Keselamatan Laut dalam Mewujudkan Poros Maritim Dunia


JAKARTA - Koalisi Bersama Rakyat (KIBAR) menggelar Seminar Nasional bertema "Keamanan dan Keselamatan Laut dalam Mewujudkan Poros Maritim Dunia" yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, 5 April 2018.

Seminar ini mendiskusikan berbagai hal terkait capaian dan tantangan yang dihadapi dalam kebijakan Poros Maritim Dunia, kelembagaan , partisipasi masyarakat pesisir yang menjadi stake holder utama pembangunan kelautan.

Disebutkan, Indonesia adalah negara kepulauan yang dua pertiga wilayahnya adalah laut. Indonesia mempunyai letak yang sangat strategis diantara dua benua Asia dan Australia dan dua Samodra; Samudra  Hindia dan Lautan Pasifik. Bangsa Indonesia sejak dahulu kala dikenal sebagai bangsa pelaut yang besar dan berjaya.

Potensi geografis dan kesejarahan ini disadari benar oleh pemerintahan Jokowi-JK yang dalam Nawacitanya akan menjadikan Indonesia sebagai “Poros Maritim Dunia (Global Maritime Fulcrum). Visi utama Poros Maritiem Dunia adalah menjadikan laut sebagai masa depan Indonesia. Laut menjadi sumber hidup bangsa Indonesia. Salah satu komponen utama  untuk mencapai  Poros Maritim Dunia adalah menciptakan pertahanan, keamanan dan keselamatan Maritim.

Saat ini dunia maritim kita masih menghadapi berbagai masalah seperti, seperti ketegangan akibat klaim wilayah seperti yang terjadi di Laut China Selatan, Terorisme maritim, penculikan dan penyandern di laut, perompakan, pencurian Ikan dan penyelundupan manusia melalui laut. Pencapaian Poros Maritim dunia harus bisa mengatasi berbagai ancaman keamanan di Laut. Oleh karena itu diperlukan suatu forum untuk membincangkan , berbagai persoalan dan kebijakan terkait dengan keamanan dan keselamatan laut dalam rangka mewujudkan Poros Maritim Dunia.

Koalisi Bersama Rakyat (KIBAR) merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat yang mempunyai visi untuk mendiseminasikan program-program strategi pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.  KIBAR memandang bahwa  upaya pemerintah Jokowi –JK dalam mewujudkan Poros Maritim Dunia  harus didukung oleh segenap masayarakat. @

Tidak ada komentar