Breaking News

Mesin Pesawat Meledak, Southwest Airlines Emergency Landing


PHILADELPHIA - Seorang tewas dan tujuh lainnya harus menjalani perawatan medis setelah mesin pesawat jet Southwest Airlines yang mereka tumpangi meledak dan terbakar di udara. Untungnya, pesawat Southwest Airlines nomor penerbangan 1380 ini berhasil melakukan pendaratan darurat di Philadelphia meski sayap dan badan pesawat rusak dalam insiden itu.

Seperti dilansir BBC, saat itu pesawat Southwest Airlines sedang dalam perjalanan dari bandara La Guardia New York ke Dallas, Texas, dengan mengangkut 143 penumpang dan lima awak. Namun di tengah perjalanan, pesawat jenis Boeing 737-700 ini menemui insiden ledakan dan terbakarnya mesin di bagian sayap. "Tiba-tiba, kami mendengar dentuman keras, berderak ..." kata seorang penumpang.

Akibatnya, pilot harus melakukan pendaratan darurat di Philadelphia pada pukul 11:20 (15:20 GMT). Dalam insiden ini seorang wanita "tersedot keluar" dari jendela setelah tertusuk oleh puing-puing dari mesin.

Ketua Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB), Robert Sumwalt, mengatakan kepada wartawan bahwa jenis mesin, CFM56, "sangat banyak digunakan dalam transportasi komersial".

Timothy Bourman, seorang pendeta dari New York City, mengatakan bahwa dia duduk di bagian belakang pesawat ketika dia mendengar dentuman keras. "Tiba-tiba, rasanya seperti kita jatuh 100 kaki," katanya.

"Kami agak tidak terkendali untuk sementara waktu. Sepertinya pilot kesulitan mengendalikan pesawat. Sejujurnya saya pikir kita semua berpikir kita akan jatuh." Ketika pramugari mengatakan kepada penumpang untuk bersiap-siap, Bourman mengatakan dia dan istrinya mengkhawatirkan yang terburuk.

"Kami semua benar-benar bersyukur masih hidup sekarang," katanya. "Bersyukur kepada Tuhan, bersyukur kepada pilot itu."

Penumpang Marty Martinez memposting Facebook singkat langsung dengan judul: "Ada yang salah dengan pesawat kami! Tampaknya kami akan turun! Pendaratan darurat !! Penerbangan barat daya dari NYC ke Dallas !!"

Setelah mendarat, ia mengatakan kepada CBS News bahwa rasanya seperti pesawat itu "jatuh bebas", dan menambahkan bahwa ia melihat seorang wanita yang terluka dikeluarkan dari pesawat oleh penyelamat. "Ada darah di mana-mana," katanya.

"Pertama ada ledakan dan kemudian hampir semua masker oksigen turun dan mungkin dalam hitungan 10 detik mesin itu menabrak jendela dan merusaknya terbuka lebar."

Tidak ada komentar