Breaking News

Pegiat Kibar Ajak Lestarikan Jamu Tradisional


Iis Sumiati saat meracik resep jamu
Iis Sumiati, salah seorang pegiat Koalisi Bersama Rakyat (KIBAR), cukup paham soal perkembangan jamu di Indonesia. Sebab, sudah sejak lama Iis Sumiati biasa meracik aneka resep jamu tradisional, Menurutnya, jamu merupakan kekayaan milik Bangsa Indonesia yang tak ternilai harganya dan harus dilestarikan oleh para generasi muda.

Dalam sejarahnya, jamu berasal dari Bahasa Jawa kuno, yakni jampi atau husodo. Artinya, penyembuhan yang menggunakan tanaman berkasiat. "Tradisi meracik jamu ini dulunya disertai doa-doa. Tradisi minuman jamu di masyarakat Indonesia sudah ribuan tahun dan sudah membudaya," jelas Teh Iis, panggilan akrab Iis Sumiati.

Contoh jamu buatan Teh Iis
Menurut Teh Iis, sejarah jamu tercatat dalam komunen tertua yang diukir di Candi Borobudur. Hal itu dapat dilihat pada relief-relief pada Candi Borobudur yang didirikan pada tahun 772. Konon, katanya resep jamu hanya dipakai kalangan bangsawan keraton. Tapi dalam perkembangan jamu juga mulai diracik oleh masayarak umum. Sedang resep jamu yang dikenal di masyarkat Indonesia, umumnya diperkenalkan secara turun-temurun dalam keluarga.

Masyarkat biasa mengkonsumsi jamu karena dinilai memiliki manfaat bagi kesehatan."Jamu juga untuk mengatasi penyakit. Secara holistik.jamu berasal dari tumbuh tumbuhan.  Bahan yang digunakan semua bagian, baik itu  akar kayu, batang, ranting daun, bunga, biji.dan umbi  umbian," jelas Teh Iis.

Iis Sumiati menjelaskan, Indonesia adalah negara terbesar kedua setelah Brazil dalam hal kekayaan keanekaragaman hayati. Indonesia juga menjadi negara terbesar pertama yang memiliki biota laut. Diperkirakan dari sekutar 30 ribu jenis tumbuhan ada di Indonesia, lebih 1.000 jenis telah dimanfaatkan untuk pengobatan.


Bahan Jamu yang Menyehatkan
Salah satu tumbuhan yang banyak dikenal sebagai bahan jamu adalah jahe. Menurut Iis Sumiati, jahe memiliki kandungan zat fitokimia (berfungsi sebagai analgenesik, anti peradangan, anti-bakteri), vitamin B5, vitamin B6, shaogol, chineol, farnesene dan rendah kalori. Dengan aromanya yang khas, dengan sedikit rasa pedas tapi nikmat, menjadikan tanaman jahe banyak digunakan untuk meningkatkan cita rasa makanan. Sering juga jahe digunakan sebagai minuman."Air jahe dibuat dari jahe yang telah dicampurkan air hangat. Minuman ini sering diminum sebagai obat herbal alami, yang setelah meminumnya juga dapat menghangatkan badan."

Tanaman lain yang juga banyak dipakai masyarakat adalah temulawak. Temulawak merupakan tanaman obat jenis suku temu-temuan ( zingiberaceae ) yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita . Temulawak bisanya dimanfaatkan untuk bahan bumbu rempah-rempahan untuk masakan "Manfaat Temulawak dapat mengobati berbagai jenis penyakit seperti lambung, hati,pencernaan bahkan untuk kecantikan wajah . Lalu apa saja khasiat temulawak untuk kesehatan kita ? Berikut kami kumpulkan berbagai macam manfaat khasiat temulawak bagi kesehatan".

Menurut Teh Iis, obat paling aman bagi masyarkat adalah jamu herbal warisan nenek moyang bangsa Inonesia. Sebab, jamu tidak memiliki efek membayakan seperti dalam obat-obat kimia. "Karena itu, biasakanlah minum jamu. Ini cara sehat yang alami. back to nature," tegas Teh Iis.

Tidak ada komentar