Breaking News

Sri Mulyani: Banyak yang Tak Percaya RI Lebih Sehat dari AS


WASHINGTON - Utang pemerintah Indonesia yang mencapai Rp 4.136 triliun jauh lebih baik dari Amerika Serikat (AS). Pasalnya, rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) masih terkendali di 29%. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat Gala Dinner US-Indonesia Society (USINDO) di Washington DC, AS.

"Indonesia sudah lebih kuat dan stabil setelah krisis finansial 1998 lalu. [Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara] APBN kita lebih akuntabel dengan disiplin fiskal yang tinggi," kata Sri Mulyani. "Defisit APBN kita terjaga dan tak boleh lebih dari 3% PDB. Kemudian 60% untuk rasio utang terhadap PDB. Nah, rasio utang terhadap PDB kita saat ini 29%,"

"Hal ini menunjukkan ekonomi kita lebih sehat dari AS," imbuhnya seperti dalam video di media sosial Kemenkeu, dikutip cnbcindonesia.com Kamis (19/4/2018).

Seperti diketahui, rasio utang terhadap PDB AS melambung tinggi sejak 2008 hingga 2017 yang berada pada level 105,4% terhadap PDB. "Tapi banyak yang tidak percaya Indonesia lebih baik dari AS. Karena AS adalah perekonomian yang sangat besar di dunia, orang-orang berpikir itu pasti Menteri Keuangan Indonesia yang membuat-buat," canda Sri Mulyani yang disambut tawa para hadirin.

Gala Dinner US-Indonesia Society (USINDO) itu mendatangkan investor, pembuat kebijakan, maupun para pemimpin di Washington DC, baik dari sektor pemerintahan, Non-Goverment Organization (NGO), maupun dari kalangan swasta. Pertemuan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan IMF-World Bank Group Spring Meetings 2018.@

Tidak ada komentar