Breaking News

Suhu Politik Memanas, Wiranto dan SBY Bertemu: Ada Agenda Apa?


JAKARTA - Suhu politik nasional terasa makin memanas menyusul adanya lobi-logi politik terkait proses pembangunan koalisi untuk Pilpres 2019. Di tengah dinamika politik jelang Pemilu 2019 tersebut, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, mendadak melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono,  di kediaman SBY, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu (18/4/2018).

Sebuah sumber menyebutkan, pertemuan antara Wiranto dan Susilo Bambang Yudhoyono ini sifatnya mendadak. Dalam agenda resmi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, tidak ada jadwal atau rencana mengenai pertemuan antara Wiranto dan Susilo Bambang Yudhoyono. Dengan kata lain, pertemuan kedua tokoh itu bersifat informal.

Rencana pertemuan Wiranto dan SBY bocor ke publik setelah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. keceplosan saat berpidato dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama dan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota di Gedung Bidakara, Rabu.

Rabu pagi itu, agenda resmi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto adalah mengikuti acara Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama dan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota di Gedung Bidakara. Namun sebelum acara berakhir, Wiranto meminta izin meninggalkan tempat.

Saat mengawali pidatonya dalam Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama dan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota, Tjahjo mengungkapkan bahwa Wiranto harus meninggalkan acara itu karena hendak bertemu SBY. "Pak Wiranto mau bertemu teman baiknya, Pak SBY," kata Tjahjo.

Informasi itu akhirnya membuat para wartawan mengejar Wiranto untuk mengkonfirmasinya. Wiranto membenarkan bahwa dirinya akan melakukan pertemuan dengan SBY. Sayangnya, Wiranto tidak memberikan informasi lengkap tentang waktu dan lokasi pertemuannya dengan SBY. 

Sumber kibarkini.com menyebutkan, pertemuan antara Wiranto dan SBY hanya berlangsung sekitar satu jam, antara pukul 10.30 hingga 11.30 WIB, di kediaman pribadi SBY kawasan Kuningan. "Pertemuannya hanya empat mata, antara Pak Wiranto dan Pak SBY saja. Hanya beliau berdua saja," ungkap seorang sumber kepada kibarkini.com.

Namun, sampai sejauh ini belum diketahui pasti apa tujuan dan hasil pertemuan dari kedua tokoh tersebut. Apakah pertemuan informal itu untuk membahas isu Bank Century atau rencana koalisi partai, sampai kini belum ada keterangan resmi dari kedua pihak. Yang pasti, sebelum melakukan pertemuan dengan Wiranto, SBY sempat curhat soal kondisi politik nasional Indonesia melalui akun Twitternya, @SBYudhoyono.

"Hari ini, 17 April 2018, tepat satu tahun sebelum pemungutan suara Pemilu 2019. Countdown Election 2019. Semoga Pemilu 2019 (termasuk pilpres) berlangsung aman, tertib, jujur & adil. Semoga setiap peserta pemilu bertanding secara ksatria," ujar SBY melalui akun Twitternya, @SBYudhoyono.

Tidak ada komentar