Breaking News

Teknologi Proyek Jaring Apung untuk Tingkatkan Produksi Ikan Nelayan


PANGANDARAN - Proyek keramba jaring apung (KJA) lepas pantai yang diresmikan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, memiliki kapasitasnya besar dan menggunakan teknologi modern.

Presiden menjelaskan kepada jurnalis bahwa perbedaan KJA lepas pantai dengan keramba konvensional yang sudah ada. Secara kapasitas dan teknologi, KJA lepas pantai memiliki perbedaan nyata yang mampu meningkatkan produksi ikan hingga ratusan kali lipat.

"Keramba jaring apung yang di danau banyak sekali. Ini sekarang yang di lepas pantai, kira-kira dari pantai jauhnya 8 mil. Kapasitasnya besar sekali. Pemantauannya computerized semua," tuturnya.

Presiden menambahkan, KJA lepas pantai ini merupakan budidaya ikan dengan cara modern. “Setelah saya lihat di lapangan tadi, memang sebuah lompatan di industri perikanan yang harus kita ikuti. Kalau tidak kita ketergantungan terus pada ikan tangkap," ucapnya.

Pada proyek keramba jaring apung (KJA) lepas pantai ini di setiap lubang keramba ditebar bibit ikan Kakap Putih (Baramundi) yang kini sulit ditemukan nelayan setempat akibat penggunaan alat tangkap yang kurang ramah lingkungan. Dalam kunjungan itu, Presiden juga turut menebar benih ikan tersebut.


Tidak ada komentar