Breaking News

Para Aktivis 98 "Gugat" Amien Rais dalam Diskusi Publik


JAKARTA - Sebutan Amien Rais sebagai Bapak Reformasi mendapat gugatan keras dari para aktivis 98. Hal itu terungkap dalam Diskusi Publik Aktivis 98 bertema 'Peringati Lengsernya Soeharto! Amien Rais, Bapak Reformasi?" yang digelar di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, pada Senin (7/5/2018). Diskusi ini dihadiri sejumlah tokoh gerakan 98 seperti Wahab Talaohu (aktivis 98 yang kini jadi kader Partai Hanura), Sri Bintang Pamungkas dan Faizal Assegaf.

Dalam diskusi ini, Wahab Talaohu (aktivis 98 yang juga kader Partai Hanura). mengatakan bahwa
sikap Amien Rais inkonsisten dalam proses reformasi di Indonesia. Wahab Talaohu menyebut Amien sebagai brutus reformasi.

"Kami sudah membayangkan pasca reformasi seperti akan terjadi brutus-brutus reformasi. Jadi pak Amien Rais itu adalah brutus reformasi. Pak Amien mulai tidak konsisten dan dulu juga kami tolak, tahun 98 kami tolak di parlemen, ," ujar Wahab Talaohu .

Kenapa Wahab Talaohu menyebut Amien Rais sebagai brutus  reformasi? "Karena Amien Rais pada waktu itu tidak bersikap. Dia diam-diam saja  pas waktu itu kawan-kawan kami dipukul dan meninggal. Di mana Amien Rais? Jadi jelas, jadi harus ada yang bertanggung jawab, ada korban yang meninggal kawan kita di Semanggi 1, Semanggi 2, Trisakti, tapi tidak ada yang bertanggung jawab," jelas Wahab Talaohu.

Sebagai aktivis 98, Wahab Talaohu juga memberikan kritik terhadap Pemerintahan Jokowi. Wahab Talaohu berharap dalam kabinet Jokowi tidak ada menteri-menteri yang menjadi beban sejarah masa lalu. "Orang seperti Sri Mulyani tidak boleh lagi mengisi pemerintahan Jokowi karena sepanjang mereka mengisi pemerintahan Jokowi  hanya ganggu. Pak Jokowi akan terus terdoktrin dengan beban-beban sejarah masa lalu," tambah Wahab Talaohu.

Dalam diskusi ini, aktivis senior Sri Bintang Pamungkas juga berpendapat senada dengan Wahab Talaohu. Sri Bintang Pamungkas menyebut Amien Rais tidak konsisten dalam memperjuangkan reformasi. Karenanya Sri Bintang Pamungkas menyebut Amien Rais adalah pengkhianat reformasi. "Kalau saya Amien Rais itu pengkhianat," tegas Sri Bintang Pamungkas.

Sementara itu, Aktivis 98 Faizal Assegaf berpendapat, Amien Rais lebih tepat dijuluki 'setan reformasi' bukan Bapak Reformasi. Baginya, tokoh seperti Sri Bintang yang layak disebut Bapak Reformasi. "Bagi saya justru yang bapak reformasi itu pak Sri Bintang Pamungkas. Kemana-mana masih mau jalan kaki. Terlalu idealismenya pak SBP suka timbulkan anomali dan pro kontra. Kalau Pak Amien Rais itu manifestasi setannya reformasi," tegas Faizal.[AR]

Reporter: Rahmad

Tidak ada komentar