Breaking News

Warga Papua dan TNI Panen Raya Bersama: Hasilnya Mencengangkan


PAPUA - Warga Kampung Asiki Distrik Jair, Papua telah merasakan hasil panen dari kebun mereka setelah menanam kacang selama tiga bulan bersama Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Papua Nugini Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 323 Kostrad .

"Hasil panen kacang yang sejak tiga bulan lalu ditanam mencapai 350 kg dari 1,5 hektar tanah yang digarap," ujar Komandan Kompi Markas Satgas 323, Lettu Inf Sumarna, di Jayapura, Rabu 9 Mei 2018.

Menurut Lettu Inf Sumarna, tanah yang ditanami kacang itu semula hanya semak belukar. Berdasar pemikiran dari Satgas Yonif Raider 323, jelas Lettu Inf Sumarna, tanah kosong itu dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar. Karena itu, pihaknya segera berkoordinasi dengan para tokoh masyarakat, adat setempat untuk mengolah tanah agar dapat meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar Asiki.

Usulan tersebut, ternyata mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Sehingga, warga dan TNI melakukan penanaman dan hasilnya dipanen bersama. "Seluruh hasil panen kami serahkan kepada para warga, untuk meningkatkan kesejahteraan mereka," katanya.

Seorang warga, Regina menambahkan, dengan hasil panen yang maksimal membuat ekonomi mereka meningkat. "Saya  tidak menyangka hasil yang didapatkan bisa mencapai jumlah yang cukup banyak," ujarnya.

Selain kacang, Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad juga telah berhasil melaksanakan panen raya bersama masyarakat berupa jagung. Bahkan dibeberapa perkebunan warga, saat ini tengah ditanami cabe dan singkong, yang diperkirakan bakal panen pada pertengahan bulan depan.@


Reporter: Irfan

Tidak ada komentar