Breaking News

Awas, Banyak Perlintasan Kereta Api Tak Berpintu


BANYUMAS - Bagi Anda para pemudik yang akan melintasi wilayah Daerah Operasi (Daop) Kereta Api (KA) V Purwokerto, Jawa Tengah, berhati-hatilah. Pasalnya di wilayah tersebut terdapat ratusan perlintasan kereta api tanpa palang pintu. Selain tanpa palang pintu, perlintasan tersebut juga tidak dijaga petugas karena terbatasnya personel.

Dari 288 perlintasan kereta api tanpa palang pintu di wilayah tersebut, salah satu yang paling rawan kecelakaan terletak di wilayah Desa Kali Wedi, Kecamatan Kebasen, Banyumas. Perlintasan kereta api tanpa palang pintu ini setiap harinya dilewati ratusan kendaraan baik roda empat maupun roda dua.

Di desa tersebut ada dua perlintasan kereta api tanpa palang pintu. Posisinya pun berjejeran hanya berjarak sekitar 70 meter antara satu perlintasan dengan perlintasan lainnya. Tak hanya itu, perlintasan ini juga tidak dijaga petugas.

Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop V Purwokerto, Ixfan mengimbau masyarakat yang akan melintas di perlintasan kereta api tanpa palang untuk lebih berhati-hati. “Ikuti rambu-rambu yang ada dan pastikan tidak ada kereta dari sisi kiri maupun kanan. Setelah itu baru boleh melintas,” katanya seperti dilansir iNews.id.

Ixfan menjelaskan, di wilayah Daop V Purwokerto ada 288 perlintasan kereta api. Dari jumlah itu, hanya 74 perlintasan yang berpalang pintu. Sementara sisanya tidak berpalang pintu. Saat ini pihak Daop V Purwokerto juga sudah menutup 44 perlintasan kereta api yang tidak berpalang pintu demi keamanan dan atas permintaan masyarakat.

Di wilayah ini, dari 214 perlintasan kereta api ini tidak berpalang pintu hanya ada beberapa saja yang dijaga petugas di saat musim mudik nanti. Sementara saat lebaran ini ada penambahan sebanyak 38 perjalanan kereta api.

Ini artinya, masih banyak perlintasan kereta api tanpa palang pintu dan tidak terjaga oleh petugas. Bagi para calon pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya selalu waspada dan berhati-hati jika melewati wilayah ini.

Ke 214 perlintasan kereta api tanpa palang pintu yang berada di wilayah Daop V Purwokerto ini meliputi enam wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Ciamis, Cilacap, Banyumas, Brebes, Purworejo, dan Kebumen.

Tidak ada komentar