Breaking News

Facebook Siapkan Grup Berbayar

Facebook dalam waktu dekat akan mengenakan biaya bulanan 4,99-29,99 dolar AS untuk keanggotaan eksklusif di grup tertentu. Demikian pengumuman terbaru di blog resmi facebook yang dilansir antaranews.com.


Disebutkan, grup versi tidak berbayar akan tetap ada, namun, segera akan ada opsi untuk sub-grup versi premium. Dikutip dari laman The Verge, grup yang akan diuji coba antara lain mengenai memasak, bersih-bersih rumah dan pengasuhan anak.

Contohnya, blogger Sarah Mueller yang terkenal dengan Declutter My Home mulai mengenakan bayaran 14,99 dolar per bulan untuk grup Organize My Home. Kelompok Grown and Flown Parents mengenakan 29,99 untuk grup College Admissions.

Grup di Facebook sebelum ini selalu gratis, dikhawatirkan sistem berbayar akan membuat orang tidak tertarik, namun, di sisi lain juga membuat anggotanya merasa memiliki kontribusi dengan bergabung ke grup tersebut.

Menurut Facebook, dengan sistem berbayar, administraor akan mendedikasikan waktu mereka untuk mengembangkan komunitas sekaligus mendapatkan pemasukan. Admin dapat mengambil bayaran agar dapat membuat konten berkualitas untuk grup tersebut, misalnya berupa tulisan, video hingga acara kopi darat.

Saat ini fitur sedang diuji coba untuk versi mobile, untuk itu, Apple dan Google menurut kebijakan yang berlaku di App Store dan Play tore, juga akan mendapatkan persentase dari biaya berlangganan tersebut.

Tidak ada komentar