Breaking News

Menang Besar, Rusia Pimpin Klasemen Grup A

Pemain Rusia Alan Dzagoev dan pemain Arab Saudi Omar Hawsawi beraksi pada pertandingan perdana Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (14/6/2018). (REUTERS/Christian Hartmann)

Tim tuan rumah Piala Dunia 2018 Rusia sempat mengalami tekanan berat dari warganya karena selama lebih dari delapan bulan tak pernah meraih kemenangan hingga menduduki peringkat ke-70 dunia. Rangking itu merupakan terendah dari 32 tim peserta Piala Dunia 2018.

Namun pasukan berseragam merah ini ternyata berhasil mencuri momentum laga pembukaan Piala Dunia dengan melibas habis Arab Saudi 5-0. Hal ini membuat Presiden Rusia Vladimir Putin, bisa mengembangkan senyumnya saat menyaksikan laga di bangku khusus bersama Pangeran Arab Saudi, Mohammad bin Salman.

Pelatih Rusia, Stanislav Cherchesov, mengatakan, dia telah mendapatkan ucapan selamat dari Presiden Rusia, Vladimir Putin, usai timnya melibas Arab Saudi dengan skor sangat telak 5-0 pada laga pembukaan Piala Dunia 2018 di Moskow, Kamis (14/6).

Kegembiraan Putin langsung disampaikan kepada pelatih Cherchesov seusai pertandingan. "Kepala negara memanggil saya dan memberi selamat kepada saya, mengatakan kepada saya untuk terus bermain seperti apa adanya, untuk terus maju," katanya kepada wartawan dilansir AFP.

Pencetak dua gol Rusia ke gawang Arab, Denis Cheryshev, mengaku lega karena negaranya mampu menampilkan pertandingan yang luar biasa. "Saya tidak pernah bisa memimpikan hal seperti ini," kata gelandang itu, demikian AFP.

Kemenangan besar yang tercipta berkat sumbangsih dua gol Denis Cheryshev itu memastikan Rusia  bertengger di urutan teratas klasemen Grup A yang juga ditempati Mesir dan Uruguay.

Prodiktivitas lima gol yang dikemas pasukan Stanislav Cherchesov itu, membuat Mesir dan Uruguay setidaknya harus menciptakan setengah lusin selisih gol guna melewati catatan gol Rusia pada laga pertama.

Posisi akhir 5-0 dikuasai Rusia setelah Yuri Gazinski mencetak gol perdana di menit ke-12, disusul Denis Cherishev (43 dan 90+1), Artem Dzyuba (71), dan Aleksandr Golovin (90+4). Pasukan Rusia yang dipimpin kapten mereka, Igor Akinfeev, sangat digjaya di hadapan tim Arab Saudi yang dipimpin Osama Hawsawi.

Dalam tiga Piala Dunia terakhir, Rusia mampu mencetak empat gol (2002), dua gol (2014), dan lima gol (2018, posisi sementara). Rusia dan Arab Saudi berada di Grup A Piala Dunia 2018 bersama Mesir dan Uruguay.

Klasemen grup A akan kembali bergerak dinamis setelah laga kedua fase grup saat Rusia menjamu Mesir, dan Uruguay melawan Arab Saudi pada Rabu pekan depan.



Berikut statistik permainan Rusia vs Arab:
(Rusia disebutkan pertama)

Penguasaan bola: 40 - 60 persen
Sepakan on-target:  7 - 0
Sepakan off-target: 3 - 3
Sepakan diblokir: 3 - 3
Sepak pojok: 6 - 3
Offside: 3 -1
Man of the Match: Denis Cheryshev

Klasemen sementara Grup A:
 
Group A
TIM Main Selisih Gol Nilai
Rusia 1 5 - 0 3
Arab Saudi 0 0 - 5 0
Mesir 0 0 - 0 0
Uruguay 0 0 - 0 0

Tidak ada komentar