Breaking News

CIA Buka Lowongan Kerja untuk WNA: Tawaran Gajinya Menggiurkan, Tembus Rp 1,2 M

Central Intelligence Agency (CIA) salah satu badan intelijen pemerintah federal Amerika Serikat (AS) di bawah Director of National Intelligence, membuka lowongan kerja dalam beberapa posisi untuk warga negara AS dan warga negara asing. Gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan, yakni mencapai Rp 1,2 miliar setahun.

Warga Negara Indonesia (WNI) juga punya kesempatan untuk melamar lowongan kerja yang dibuka CIA tersebut. Namun ada banyak syarat yang harus dipenuhi, salah satunya harus mengikuti naturalisasi menjadi warga negara AS.


Seperti diketahui, CIA memiliki tiga aktivitas utama, yaitu mengumpulkan informasi seputar pemerintah asing, perusahaan, dan individu; menganalisis informasi tersebut beserta hasil intelijen dari badan intelijen AS lainnya untuk menghasilkan penilaian intelijen keamanan nasional yang diajukan kepada para pembuat kebijakan senior Amerika Serikat. Selain itu CIA juga melaksanakan atau mengawasi aktivitas tertutup dan beberapa operasi taktis oleh karyawannya sendiri, anggota militer A.S., atau rekan lainnya atas permintaan Presiden Amerika Serikat.


Dalam merekrut agen baru kali ini, menurut informasi yang dilansir Intisari, CIA menugaskan Zachary Wyatt. Perwira operasi CIA ini ditugaskan untuk merekrut anggota asing dari seluruh dunia untuk mengumpulkan informasi yang penting bagi tujuan keamanan nasional dan kebijakan luar negeri AS.

Wyatt yang sekarang sudah pensiun dari CIA, bekerja untuk membantu agensi menemukan generasi berbakat selanjutnya. CIA mencari anggota baru untuk mengisi 100 posisi profesional di lima direktoratnya (operasi, analisis, sains & teknologi, dukungan, dan inovasi digital), dengan posisi mulai dari analisis, akuntan, pengacara hingga instruktur bahasa asing.

"Kami beruntung mendapatkan banyak pelamar, tapi hal itu tidak berarti kami berhenti mencari," kata Wyat.

"Ketika Anda melihat tantangan keamanan nasional yang kami miliki dan menggabungkannya dengan tantangan yang dihadapi negara mana pun saat ini -ketidakstabilan regional, serangan dunia maya, ketergantungan ekonomi- menemukan individu yang dapat mengatasi salah satu dari masalah itu tidaklah mudah."

Untuk mendaftar posisi yang dibutuhkan, calon pelamar harus berusia minimal 18 tahun warga negara AS, baik lahir di AS maupun dinaturalisasi. Jadi posisi tersebut tidak hanya tersedia untuk warga AS, namun juga warga negara asing dengan syarat harus dinaturalisasi terlebih dahulu.

Sebagian besar posisi dalam agensi juga membutuhkan gelar empat tahun (S1). Di luar syarat tersebut, pelamar bisa berasal dari semua latar belakang pendidikan dan keahlian.

Wyatt sendiri berasal dari jurusan teater sebelum bergabung dengan CIA. Tetapi, memiliki minat dalam urusan luar negeri dan pengetahuan tentang isu terkini sangat penting. Prosesnya panjang dan butuh satu tahun atau lebih untuk mendapatkan izin keamanan, kata Wyatt.

"Kami mencari karakteristik seperti yang banyak dilakukan oleh pengusaha, semuanya mulai dari keterampilan komunikasi yang baik, integritas, ketegasan, citra diri yang baik, akal sehat, dan tentu saja patriotisme," katanya.


Gaji yang ditawarkan di tingat pemula dalam Direktorat Operasi biasanya berkisar dari 55 ribu dolar AS hingga 88 ribu dolar AS (sekitar Rp791 juta hingga Rp1,2 miliar) setiap tahun dan pelatihan yang banyak.


Tidak ada komentar