Breaking News

KPU Peringatkan Parpol: Hari Ini Pendaftaran Caleg Berakhir dan Tidak Ada Kompensasi Waktu


JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memberikan peringatan keras kepada partai politik peserta Pemilu 2019 bahwa hari ini Selasa 17 Juli 2018 merupakan waktu terakhir bagi partai politik mendaftarkan bakal calon legislatifnya.

"Tidak ada kompensasi waktu. Sampai sekarang kita sudah menyosialisasikan dan sudah tetapkan dalam peraturan KPU bahwa pendaftran calon itu 4-17 Juli 2018. Jadi harus semua hari ini," kata Komisioner KPU Ilham Saputra seperti dilansir viva.co.id, Selasa 17 Juli 2018.

Ilham menyatakan, waktu pendaftaran ini tidak ada penamabahan atau toleransi dengan alasan apa pun. Partai yang tak mendaftarkan hingga hari terakhir, harus siap menerima risiko partainya tidak menempatkan kadernya di parlemen.

Menurut Ilham, sosialisai 'pencalegan' sudah diinformasikan sejak lama sebagai ketentuan yang ada di Peraturan KPU atau PKPU. "Konsekuensi mereka yang tidak datang sampai batas waktu, ya tidak mendaftarkan calon," ujarnya.

Usai Partai Nasdem mendaftar, dijadwalkan 15 parpol peserta pemilu bakal mendatangi KPU. Mereka adalah: Partai Solidaritas Indonesia, Partai Garuda, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Perindo, PDI Perjuangan, Partai Hanura. Setelah itu ada Partai Berkarya, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Kebangkitan Bangsa, Gerindra dan Partai Bulan Bintang.

Tidak ada komentar