Breaking News

Koalisi Prabowo Terancam Keropos, Soetrisno Bachir Setia Dukung Jokowi


JAKARTA - Koalisi pendukung Prabowo - Sandiaga Uno sebagai Capres-Cawapres tampaknya terancam keropos. Indikasinya, ada sejumlah politisi anggota partai pendukung Prabowo - Sandiaga Uno yang membelot mendukung pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

Dari Partai Demokrat ada Ketua DPD Partai Demokrat Papua Lukas Enembe dan Ketua DPD Demokrat Jatim, Soekarwo yang mendukung pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin. Sementara dari Partai Amanat Nasional (PAN) ada mantan Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir mendukung pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

Lantaran tetap mendukung Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019, Soetrisno Bachir tak dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung memastikan bahwa politikus senior PAN Soetrisno Bachir tetap mendukung petahana.

"Pak Soetrisno Bachir tak ada struktur di PAN. Dan Pak Soetrisno saya mendengar sendiri beliau mendukung Pak Jokowi," kata Pramono seperti dilansir okezone.com, Selasa (14/8/2018).

Seperti diketahui, Soetrisno diketahui pernah menjabat sebagai Ketua Umum PAN periode 2005-2010 dan saat ini menjadi Ketua Majelis Pertimbangan PAN. Dia menggantikan Amien Rais yang menjadi Ketua Dewan Kehormatan PAN.

Sejak Pilpres 2014 silam, Soetrisno Bachir memang sudah berbeda sikap politik dengan PAN.  Saat itu, ia memang mendukung Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla. Padahal, partai berlambang matahari itu mengusung Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

Selepas Pilpres 2014, PAN kemudian berbelok arah dan mendukung Jokowi-JK. Soetrisno pun dilantik menjadi Ketua KEIN di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 20 Januari 2016. ‎Belakangan, menjelang Pilpres 2019, PAN berbalik mendukung Prabowo-Sandiaga Uno. Namun Soetrisno Bachir tetap konsisten untuk mendukung Jokowi, tidak bersikap zig-zag seperti langkah partainya.


Tidak ada komentar