Breaking News

Asian Games 2018 Resmi Ditutup, Presiden OCA Sampaikan Terima Kasih dan Doa untuk Warga Lombok

JAKARTA -  Asian Games 2018 resmi berakhir setelah ditutup dengan aneka macam hiburan yang digelar di stadion GBK Jakarta, Minggu malam. Presiden Joko Widodo, meski tak hadir di GBK, tetap mengikuti acara penutupan dengan menggelar nonton bareng dengan para pengungsi korban gempa di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.


Dalam sambutan singkat yang disiarkan dari lokasi pengungsian, Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan singkat. Menurut Presiden, energi Asia dari Asian Games 2018 mampu membawa kebaikan bagi dunia. "Selamat dan terima kasih untuk seluruh kontingen negara atas pencapaian prestasi, kehangatan, dan semangatnya. Inilah energi Asia yang sesungguhnya, bersatu membawa kebaikan bagi dunia," jelas Presiden.

Dengan didampingi Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi, Presiden juga mengatakan bahwa momentum dan semangat Asian Games ke-18 dapat menjadi energi bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang besar, maju, dan bersatu. "Saya ingin mohon maaf karena tidak dapat hadir langsung pada penutupan Asian Games ke-18. Saya bersama Gubernur NTB, berada di Lombok bersama saudara-saudara kita di sini. Kami merasakan, saya merasakan semangat yang sama dengan Anda semua yang berada di GBK Jakarta," tambah Presiden.

Sementara Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah mengucapkan terima kasih sekaligus apresiasinya kepada Indonesia yang sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang olah raga terbesar se-Asia, Asian Games 2018. "Indonesia, terimakasih banyak," kata Presiden OCA  saat menutup Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/9).

Dalam pidatonya, dia juga menyampaikan doa untuk masyarakat Lombok Nusa Tenggara Barat menyusul bencana gempa bumi yang terjadi sebelum dan ketika penyelenggaraan Asian Games 2018.
"Selama malam bapak Presiden Joko Widodo dan masyarakat Lombok, hati kami dan doa kami untuk kalian semua, amin. Indonesia 'terima kasih banyak'. 'Kami cinta kalian'," ujar Sheikh Ahmad sambil mengangkat kedua tangannya membentuk tanda hati di atas kepala.

Sheikh Ahmad mengatakan hujan yang turun jelang penyelenggaraan upacara penutupan Asian Games ke-18 itu memberikan suasana haru bagi jajaran OCA serta para peserta pesta multi-cabang olahraga karena harus meninggalkan Indonesia sebagai negara indah.  "Langit pada malam hari ini seakan bersedih. Tapi, kami juga senang karena kami akan pulang dengan banyak kenangan, penyelenggaraan kompetisi yang luar biasa," kata pria asal Kuwait itu.

Asia, lanjut Sheikh Ahmad, tidak akan melupakan Indonesia dengan masyarakatnya yang ramah dan menyambut para tamu serta peserta Asian Games 2018. "Energi Asia dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18 telah tercatat sukses dalam sejarah. Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Jakarta dan Palembang dan saya nyatakan Asian Games 2018 ditutup," ujarnya.

Tidak ada komentar