Breaking News

Gempa 4,2 Skala Richter Guncang Mukomuko


BENGKULU - Gempa berkekuatan 4,2 Skala richter (SR) kembali mengguncang Provinsi Bengkulu, Minggu (9/9/2018). Gempa itu terjadi sekira pukul 12.11 WIB. Di mana gempa berpusat di Kabupaten Mukomuko, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat.

Gempa yang menggungcang Kabupaten Mukomuko itu berada di koordinat episenter 1.84 Lintang Selatan (LS) dan 100.76 Bujur Timur (BT), atau berada di 90 kilometer (KM) Barat Laut, Mukomuko, dengan kedalaman hiposenter 13 kilometer (KM). Meskipun demikian getaran gempa tidak begitu dirasakan masyarakat Mukomuko dan sekitarnya.

PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah mengatakan, gempa yang berpusat di Mukomuko, masuk dalam katagori gempa dangkal. Di mana gempa tersebut disebabkan adanya pergerakan lempeng Indo-Australia ke bawah dan lempeng Eurasia, dengan hiposenter yang terletak di zona transisi Megathrust-Benioff.

''Gempa di Mukomuko, gempa dangkal. Tidak berpotensi tsunami,'' kata Sabar seperti dilansir Okezone, Minggu (9/9/2018).

Meskipun demikian, Sabar mengimbau, masyarakat di wilayah Mukomuko dan sekitarnya, tetap tenang dan waspada. Sebab, gempa tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi begitu juga dengan besaran gempa. Selain itu, sejak gempa terjadi pihaknya belum ada mencatat gempa susulan di wilayah Mukomuko dan sekitarnya.

''Kami meminta masyarakat tetap tenang dan waspada. Sebab, gempa tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi. Begitu juga dengan besaran gempa,'' imbau Sabar.

Tidak ada komentar