Breaking News

Goyang Dayung Jokowi Dorong Lagu "Meraih Bintang" Mendunia: Ini Videonya dalam 8 Bahasa


Asian Games 2018 bukan hanya sukses dalam penyelenggaraan saja, tapi juga sukses dalam peningkatan prestasi Indonesia di Asia hingga menduduki peringkat ke-4. Di luar itu, Asian Games 2018 memberikan dampak ekonomi positif di antaranya meningkatkan sektor pariwisata, meningkatkan aktivitas ekonomi lokal, rnenciptakan lapangan kerja, dan mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olahraga.

INASGOC atau Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee dan Kementerian Pariwisata memperkirakan dampak langsung penyeienggaraan Asian Games 2018 mencapai senilai Rp 45 triliun. Padahal, modal yang dipakai Indonesia dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 sekitar Rp 30 triliun. Artinya, sudah ada keuntungan langsung sekitar Rp 15 triliun.

Tapi perlu dicatat, angka itu belum termasuk keuntungan para pedagang kuliner, para driver gojek dll, industri kerajinan, pakaian dan beragam hal. Tenarnya lagu "Meraih Bintang" yang dijadikan Theme song Asian Games 2018, tentunya juga akan memberikan pemasukan uang ke Indonesia, terutama sang pencipta. Betapa tidak, lagu ciptaan Pay dan Rastamanis itu kini jadi hit di berbagai negara hingga banyak artis yang ikut menyanyikannya dalam beragam bahasa.

Pada saat penunjukkan Via Vallen sebagai penyanyi "Meraih Bintang" memang sempat menimbulkan pro-kontra. Ada yang meminta Agnes Monica, tapi ada juga yang senang dengan Via Vallen. Meski begitu, aksi Via Valen pada pembukaan Asian Games 2018, ternyata mampu membuat Presiden Joko Widodo melakukan goyang dayung hingga menjadi viral di berbagai negara. Keberhasilan Via Vallen menggiyang Presiden Jokowi ini setidaknya ikut mendorong lagu "Meraih Bintang" semakin mendunia.

Musisi terkenal yang meng-cover lagu Meraih Bintan antara lain Janniene Weigel yang menampilkan versi bahasa Thailand dan Inggris. Ia merupakan penyanyi dan aktris remaja yang memulai kariernya 2010 lalu. "Meraih Bintang" yang dinyanyikan Weigel dalam kanal YouTube-nya diterjemahkan ke bahasa Inggris menjadi "Reach for the Stars". Beberapa bait awal ia bawakan dalam bahasa Inggris. Kemudian setelah bagian refrain selesai, Weigel kemudian bernyanyi dalam bahasa Thailand.

Ada juga versi bahasa Arab yang dilantunkan dengan lembut oleh Assel Omran. Penyanyi berusia 28 tahun itu mampu membuat pendengarnya melupakan sejenak bahwa lagu itu adalah lagu Indonesia.
Di Taiwan ada lagu "Meraih Bintang" versi Mandarin yang dibawakan oleh Jason Chen. Penyanyi pop Taiwan berkewarganegaraan Amerika Serikat itu membuat formula yang sama dengan Weigel. Ia menggabungkan bahasa Mandarin dan bahasa Inggris.

Lalu ada pula penyanyi Siddharth Slathia dari India yang menyanyikan lagu "Meraih Bintang" versi bahasa Hindi. Siddharth terkenal karena meng-cover lagu "Tum Hi Ho" dengan beragam gaya. Ia mengubah judul "Meraih Bintang" menjadi "Himmat Ke Pankh".

Sedang Kim Ji-hoon dari Korea melakukan perubahan pada aransemen "Meraih Bintang" yang ia nyanyikan dalam bahasa Korea. Kim mengganti intronya dengan suara gitar akustik. Suara gitar elektrik dan tabuhan drum yang muncul selanjutnya membuat lagu tersebut terdengar nge-rock dan lebih bersemangat. Meski berbahasa Korea, Kim mencoba mempertahankan beberapa lirik bahasa Indonesia dalam lagu itu yang ia nyanyikan secara fasih.

Penyanyi solo asal Jepang, Hiroaki Kato juga turut ambil bagian dalam perhelatan Asian Games 2018.  Hiro merilis cover official theme song Asian Games 2018 " Meraih Bintang" yang dibawakan pedangdut Via Vallen ke dalam versi Bahasa Jepang. Berdasarkan keterangan pers yang dilansir Kompas.com, Senin (20/8/2018), lagu "Meraih Bintang" versi Hiroaki Kato yang kemudian berjudul "Hoshi wo Tsukame" itu diaransemen ulang sesuai gaya musik Hiro.  "Lagu ini juga sekaligus didedikasikan untuk para atlet yang berjuang di Asian Games 2018. Semoga bisa menjadi semangat untuk semua!"


Tidak ada komentar