Breaking News

Ini Rangkaian Proses Penetapan Capres hingga Kampanye Pilpres 2019


JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menyiapkan serangkaian agenda tahapan Pemilu Serentak 2019 mulai hari ini hingga akhir pekan. Kegiatannya dari penetapan calon presiden hingga kampanye.

Informasi dari Humas KPU RI yang dilansir Okezone menyebutkan bahwa , Kamis (20/9/2018) sore ini, KPU akan mengumumkan penetapan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sadiaga Uno sebagai pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2019. KPU menyatakan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi sudah memenuhi syarat sebagai capres-cawapres setelah lolos serangkaian tes dan hari ini tinggal penetapan saja.

Selain itu, KPU hari ini juga menetapkan daftar pemilih tetap (DPT), calon senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Menurut informasi, penetapan ini dilakukan tertutup untuk media. Kemudian pada Jumat 21 September besok akan dilakukan pengundian nomor urut pasangan capres dan cawapres. Penarikan nomor urut yang dijadwalkan pada pukul 20.00 WIB malam besok harus dihadiri langsung pasangan capres.

“Saat pengambilan nomor urut masing-masing capres-cawapres akan diberikan kesempatan pidato singkat," kata Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid.

Setelah ditetapkan jadi capres-cawapres, kedua pasangan diperbolehkan melakukan kampanye. Masa kampanye Pilpres dimulai dari Minggu 23 September 2018. KPU akan memfasilitasi kampanye perdana capres-cawapres di Monas, Jakarta Pusat pada Minggu nanti pukul 06.00 WIB pagi. Kegiatan ini sekaligus deklarasi kampanye damai yang dihadiri langsung pasangan capres-cawapres.

“Kampanye damai diikuti para pendukung, KPU, Bawaslu dan lembaga terkait serta pasangan capres. Gunakan baju adat tradisional, alur Monas ke Kemendag, atau Monas ke Sarinah,” demikian KPU.

Tidak ada komentar