Breaking News

KPU Gelar Deklarasi Kampanye Damai: SBY Walkout, Demokrat Tak Ikut Tandatangani Kesepakatan

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak Tahun 2019 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018) pagi. Acara ini dihadiri langsung kedua pasangan capres dan cawapres, yakni Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Tak hanya itu, acara ini juga diikuti para elite partai politik dan ribuan pendukung dari kedua pasangan capres–cawapres. Dalam acara tersebut, Jokowi mengenakan pakaian adat Bali sementara wakilnya Ma'ruf Amin mengenakan busana adat Betawi. Sedang Prabowo mengenakan pakaian adat Jawa.

Hanya saja, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang hendak menghadiri acara ini memilih memilih untuk walkout (WO) alias meninggalkan acara Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak 2019. Belakangan, Partai Demokrat tak mengikuti penandatanganan kesepakatan kampanye damai.

Ada tiga poin penting dalam perjanjian deklarasi damai tersebut, yakni berkomitmen mewujudkan pemilu yang santun, jujur dan adil. Kedua, berjanji melaksanakan kampanye yang aman, tertib, tanpa Sara dan politik uang. Ketiga, melaksanakan kampanye sesuai dengan UU yang berlaku.

Tidak ada komentar