Breaking News

KPU Tetapkan Nomor Urut Peserta Pilpres: Jokowi - Amin Nomor 01, Prabowo - Sandi Nomor 02


JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar proses pengundian nomor urut pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2019 melalui rapat pleno terbuka Jumat (21/9/2018). Hasilnya, pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin mendapat nomor 02, sedang
 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat nomor 01.

APenentuan nomor urut ini juga dihadiri Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), pimpinan parpol koalisi, perwakilan pemerintah, legislatif dan pemerhati pemilu. Simpatisan masing-masing pasangan calon diperkenankan hadir, namun jumlahnya dibatasi, masing-masing pasangan calon hanya dibolehkan hadir maksimal 150 orang.

Proses pengundian nomor urut diawali dengan masing-masing cawapres, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahuddin Uno mengambil bola kecil di dalam tabung kaca transparan. Ma'ruf mendapatkan nomor 10 sedangkan Sandi mendapatkan nomor 1.

Kemudian Capres Prabowo Subianto mengambil tabung yang dari dalam kotak kaca transparan dan diikuti Jokowi mengambil tabung dari tempat yang sama. Keduanya kemudian membuka tabung tersebut dan membuka kerta yang berada di dalam tabung. Hasilnya, Jokowi mendapatkan nomor 01 sedangkan Prabowo nomor 02.

Jokowi dalam sambutannya mengaku bersyukur proses pengundian berlangsung lancar. Menurutnya, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 menjadi ajang pembelajaran politik kepada masyarakat. Pilpres seharusnya menambah kematangan masyarakat dalam berdemokrasi.

"Alhamdulillah proses pengambilan nomor urut berjalan lancar. 1 memang yang diperebutkan R1," ujar Jokowi usai pengambilan nomor urut di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (21/9/2018) malam.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengajak semua pihak terkait dalam pilpres untuk saling mengadu gagasan, program dan prestasi. Bukan, sebaliknya saling menjatuhkan dan memfitnah. "Jangan sampai karena kontestasi politik ini dalam rangka pilpres silaturahmi di antara kita menjadi tidak baik," ucapnya.

Pada kesempatan itu dia mengaku sudah bersahabat sejak lama dengan Prabowo dan Sandi. Maka, itu dia berharap persahabatan tersebut tetap berjalan baik, meskipun saling berkompetisi dalam pilpres. "Saya ingin meskipun kita berkompetisi, tapi saya ingin masih bisa bertelepon dengan Prabowo-Sandi," katanya.

Usai memberikan sambutan, Ma'ruf Amin yang berada di sebelah Jokowi langsung membacakan doa yang diamini para peserta rapat pleno terbuka KPU.

Tidak ada komentar