Breaking News

Survei LSI: Dukungan Masyarakat terhadap Sistem Demokrasi Meningkat


JAKARTA - Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan bahwa dukungan masyarakat terhadap sistem demokrasi semakin meningkat yaitu mencapai 83 persen. "Dukungan masyarakat terhadap sistem demokrasi meningkat sebagai sistem pemerintahan yang terbaik," kata peneliti senior LSI Burhanuddin Muhtadi di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan 83 responden setuju bahwa demokrasi adalah bentuk pemerintahan terbaik, jumlah itu meningkat dibandingkan tahun 2017 yaitu sebesar 76 persen. Namun menurut dia, angka itu masih di bawah dengan capaian beberapa negara seperti Korea Selatan dan negara-negara Eropa Barat yaitu sebesar 87 persen.

"Ada satu pola yaitu jelang pemilu kepuasan pada demokrasi cenderung naik mungkin karena momen pemilu," ujarnya.

Burhanuddin menjelaskan dalam survei tersebut juga menunjukan kepuasan masyarakat terhadap jalannya demokrasi cukup tinggi yaitu 73 persen dan hanya 20 persen menilai tidak puas.

Menurut dia, kepuasan di bulan Agustus 2018 sebesar 73 persen menunjukkan tren yang meningkat dibandingkan tiga tahun sebelumnya misalnya di Agustus 2017 sebesar 70 persen dan 2016 sebesar 68 persen.

Burhanuddin menilai naik dan turunnya kepuasan publik terhadap demokrasi tergantung pada kinerja pemerintah dalam mendukung terwujudnya demokrasi.

Tidak ada komentar